POLITEKNIK KODIKLATAD
DISUSUN OLEH :
Nama : Serda Arief Rahman Bintoro. (20190435-E)
TEKNIK KOMUNIKASI D4 ANGKATAN IV
BATU, OKTOBER 2019
PERCOBAAN 8
MEMBUAT RANGKAIAN SEVEN SEGMEN COMMON CATHODA
1. Tujuan : Agar bamasis mampu mempraktekkan membuat rangkaian Seven Segmen Common Cathoda.
2. Alat dan Bahan :
a. 7 Segment;
b. Ground;
c. Switching; dan
d. Baterai.
3. Jelaskan :
Teori Dasar
a) Jelaskan Tentang LED
LED atau (Light Emiting Diode) merupakan suatu komponen elektronik yang dapat memancarkan cahaya ketika di lalui arus listrik pada kedua kutubnya. Arus listrik mengakir dari kutub positif (Anoda) ke kutub negatif (Katoda).
b) Jelaskan Tentang Seven Segmen
LED 7 Segmen (Seven Segment LED)
Salah satu jenis Seven Segment Display yang sering digunakan oleh para penghobi Elektronika adalah 7 Segmen yang menggunakan LED (Light Emitting Diode) sebagai penerangnya. LED 7 Segmen ini umumnya memiliki 7 Segmen atau elemen garis dan 1 segmen titik yang menandakan “koma” Desimal. Jadi Jumlah keseluruhan segmen atau elemen LED sebenarnya adalah 8. Cara kerjanya pun boleh dikatakan mudah, ketika segmen atau elemen tertentu diberikan arus listrik, maka Display akan menampilkan angka atau digit yang diinginkan sesuai dengan kombinasi yang diberikan.
Terdapat 2 Jenis LED 7 Segmen, diantaranya adalah “LED 7 Segmen common Cathode” dan “LED 7 Segmen common Anode”.
LED 7 Segmen Tipe Common Cathode (Katoda)
Pada LED 7 Segmen jenis Common Cathode (Katoda), Kaki Katoda pada semua segmen LED adalah terhubung menjadi 1 Pin, sedangkan Kaki Anoda akan menjadi Input untuk masing-masing Segmen LED. Kaki Katoda yang terhubung menjadi 1 Pin ini merupakan Terminal Negatif (-) atau Ground sedangkan Signal Kendali (Control Signal) akan diberikan kepada masing-masing Kaki Anoda Segmen LED.
LED 7 Segmen Tipe Common Anode (Anoda)
Pada LED 7 Segmen jenis Common Anode (Anoda), Kaki Anoda pada semua segmen LED adalah terhubung menjadi 1 Pin, sedangkan kaki Katoda akan menjadi Input untuk masing-masing Segmen LED. Kaki Anoda yang terhubung menjadi 1 Pin ini akan diberikan Tegangan Positif (+) dan Signal Kendali (control signal) akan diberikan kepada masing-masing Kaki Katoda Segmen LED.
4. Rangkaian
Membuat Rangkaian Seven Segment berdasarkan nomer absen siswa
5. Analisa hasil Percobaan.
Membuat Rangkaian Seven Segment berdasarkan nomer absen siswa
5. Analisa hasil Percobaan.
Dari Data diatas diperoleh dengan menghubungkan kaki kaki seven sergent diantaranya
1. 2 dari kaki a,b,d,e,dan g
2. 0 dari kaki a,b,c,d,e,dan f
3. 1 dari kaki b,dan c
4. 9 dari kaki a,b,c,d,f,dan g
5. 0 dari kaki b, dan c
6. 4 dari kaki b,c,f, dan g
7. 3 dari kaki a,b,c,d, dan g
8. 5 dari kakia,c,d,f, dan g
9. - dari kaki g
10. E dari kaki a,d,e,f, dan g
Dari Rangkaian seven segment diatas dapat dijelaskan bahwa arus yang masuk kedalam tiap-tiap rangkaian serven segment dapat langsung ke sumber arus tanpa harus adanya komponen penghambat yang berfungsi sebagai pengatur hambatannya, dan rangkaian seven segment dapat membuat rangkaian suatu nama maupun nomor sesuai dengan selera pembuat dengan cara menghubungkan setiap kaki kaki seven segment tersebut.
5. 6. Kesimpulan.
Dari percobaan di atas dapa disimpulkan bahwa suatu rangkaian Seven Segment dapat langsung terhubung ke dalam arus tanpa melalui suatu hambatan resistor yang berfungsi sebagai pengatur hambatannya.